Makalah Konsep Komunikasi Data - STMIK Bumigora Mataram

Ditulis oleh Admin - Asyazili
dan Memiliki 0 komentar

Pada mulanya, sebuah komputer hanya dapat dipergunakan secara individual (stand alone) Namun perkembangan teknologi digital telah memungkinkan sebuah komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain. Secara sederhana, dengan menggunakan sebuah kabel dan port komunikasi, dua buah komputer atau lebih dapat dihubungkan dan saling bekerjasama. Jika dua buah komputer (A dan B) saling dihubungkan, maka hal-hal yang dapat dilakukan antara lain: Komputer A dapat mengakses file-file yang ada di Komputer B, Komputer A dapat mengakses disk drive dari Komputer B, Komputer A dapat mengirimkan data ke Komputer B, dan lain sebagainya.
Dengan prinsip di atas, maka dapat dikembangkan suatu jaringan komputer dimana di dalamnya terhubung lebih dari satu buah komputer sehingga antar komputer tersebut dapat saling tukar menukar fasilitas data dan informasi.. Untuk dapat membuat beberapa komputer terhubung dengan jaringan dan saling bekerjasama, dibutuhkan jalur transmisi baik dengan menggunakan kabel (terstrial) maupun tanpa kabel (melalui satelit) Kabel transmisi digital (misalnya jenis UTP); dan Perangkat lunak sistem operasi dan aplikasi yang memiliki fitur jaringan dan diinstalasi pada masing-masing komputer. Komunikasi data antara komputer memungkinkan bagi user untuk mengirim dan menerima data dari dan ke computer lain. Hal tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh suatu perusahaan untuk mengomunikasikan data baik kepada perusahaan lain sebagai pemakai informasi external maupun kepada karyawan sebagai pemakai internal.

Berikut Rumusan Masalah dari makalah ini yaitu :
  1. Apa pengertian komunikasi data?
  2. Mengapa harus ada teknik komunikasi data ?
  3. Apa saja jenis-jenis komunikasi data?
  4. Apa saja elemen-elemen komunikasi data?
  5. Apa tujuan komunikasi data?
  6. Apa saja keuntungan komunikasi data?
  7. Apa saja factor yang harus diperhatikan dalam komuniksi data?
  8. Apa saja kendala dalam komunikasi data?
  9. Apa saja jenis operasi komunikasi data?
  10. Apa saja contoh implementasi komunikasi data?

Silahkan klik link dibawah ini untuk mendownload Makalah ini.

Download :
Semoga bermanfaat ^_^"
Label:
Kirim Update Informasi dan Software Terbaru Untuk
Sobat ASYAZILI™ Langsung ke Email Sobat !

Artikel Terkait

Posting Komentar

Para pengurus blog ASYAZILI™ tidak selalu online untuk memantau komentar yang masuk, jadi tolong berikan komentar Anda dengan pantas dan layak dikonsumsi oleh publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.

Regards,
Admin - ASYAZILI™